Hukum Relativitas Umum (1)

7 Dec

Bicara tentang hukum relativitas, mengusik saya untuk sedikit mengupas *buah kali dikupas* (-_-“) tentang filosofi hidup.. Saat hukum relativitas sudah mulai di temukan oleh “fantasi” Einstein *beda sama dunia fantasi lho!*, relativitas ini ternyata mengacu kepada faham “Ketuhanan” yang berlawanan dengan faham “Materialisme”.
Apa hubungannya ya?? oke, mari kita kupas sedikit saja.. *kalo kebanyakan takutnya ga bisa nangkep! hehe*

Ternyata, sejatinya, pada dasarnya, dan pada prinsipnya. . . . *eng..ing..eennggg!*
Relativitas itu bisa di bagi menjadi 2, yaitu; yang pertama relatifitas terhadap subyek penerima dan relatifitas terhadap obyek si benda (material). apa bedanya??

Relatifitas subjektifitas sangat mudah di pahami, mudahnya seperti ini; misal si A melihat warna apel dan si B juga melihat warna apel yang sama. Bisa dipastikan ga, kalau warna merah apel yang di lihat si A sama dengan yang dilihat si B? Hayo, gmn caranya?? dari mana kamu tahu klo saya lihat warna yang sama dengan yang kamu lihat pada gambaran/cerapan otak saya?? hehe

Sedikit kita bicara ttg proses penangkapan warna. Cahaya yang dipantulkan oleh buah apel merah itu yang masuk ke mata, memantulkan spektrum merah (gw lupa frekuensi brp itu), dan diterima oleh mata (lewat iris-pupil-lensa-retina) *klo ga salah! lupa gw ama pelajaran biologi :p*, lalu dari retina dikirim ke otak. Dan yang dikirim ke otak itu adalah sinyal2 elektrik yang nanti akan didisplay oleh otak kita. OKe cukup biologinya!!😦

Jadi dari proses dari penangkapan cahaya masuk mata, sampai dengan data berupa sinyal2 elektrik diolah oleh otak menjadi gambar merah apel, tidak akan bisa di pastikan dong proses nya antara si A dan si B sama, meskipun input yang masuk itu sama (spektrum merah)! sederhana kaan, pemahamannya.. dan ini juga berlaku untuk ukuran2 yang lain seperti waktu, ruang, massa, suara, kegantengan, kegendutan, kakayaan, kejujuran, kerajinan, dan ke-an yg lainnya… setuju?! haha *mulai ngawur!* -_-”

Nah, yang menarik adalah relativitas objektivitas. Begini penjelasannya..
Anggap saja si B tadi ga bisa melihat alias buta. Namun ilmuwan mencoba memparalel otak si B dengan si A. Jadi sinyal2 listrik dari retina A juga akan dikirim ke otak B. Maka si B pun akan melihat sama persis apa yang A lihat meskipun si B buta, walopun ke”persis”annya tidak bisa di pastikan secara ilmiah. karena tentu pemrosesan gambar dari sinyal-sinyal electrik tersebut yang terjadi pada masing-masing otak berbeda kan.. (masih subjektivitas) betul ga? Nah yang jadi “Big Question” adalah,, apakah sinyal yang masuk itu bisa memastikan bahwa si objek apel itu adalah warna merah di dunia nyata?? karena ternyata keadaan apel pada dunia nyata itu hanya di gambarkan oleh sinyal listrik yang bahkan orang buta pun bisa mengatakan itu merah, kalo sinyal elektrik tersebut di alirkan ke otaknya,, Bagaimana?? ada sanggahan?

Lalu ada pembaca menginterupsi, bukannya merah sudah pasti memiliki besar frekuensi spektrum (sebut saja) 70 hz. dan itu berlaku untuk massa, panjang dalam hitungan gram dan meter?? Oh iya, betul juga ya,, oh yaudah, post nya selesei deh.. bye…

Tidak kawan, siapa yang menjamin, misal; massa 1 kg itu katanya “es sebanyak 1 liter yang ada pada suhu 4 der celcius”. bukankah massa juga tergantung pada liter (dm3) dan celcius yang juga relatif terhadap sesuatu?? panjang 1 m emisi cahaya cripton dlm ruang hampa dalm sekian detik”. Bukankah detik juga relatif?? Coba cari semua SI ttg suatu nilai , pasti di bandingkan dengan satuan lain yang mana juga relatif kan.. Intinya apa? intinya semua objek di dunia ini adalah relatif tidak ada yang pasti, tergantung bagaimana otak kita mencerna/menangkap sinyal-sinyal listrik tadi yang kita presepsikan dari dunia luar.

oke kesimpulan sementara.. masih berlanjut niy, dan yang pastinya akan lebih menarik,,🙂

to be continue.. (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: